Top posting users this week

Latest topics
» NGOBRAS=NGOBROl Ama Siapa aja#17
by Robocop Tue Jul 19, 2016 10:19 pm

» Antivirus paling top untuk pc
by 'RATU' Mon Jul 04, 2016 11:28 am

» Cara cek tipe hp nokia
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:18 am

» Cara cek imey nokia
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:17 am

» Buat yang suka nonton naruto bag 3
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:14 am

» Buat yang suka nonton naruto bag 2
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:11 am

» Buat yang suka nonton naruto.
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:10 am

» Yang mau download lagu.
by Triatna Tue Jun 21, 2016 7:08 am

» Alamat buat download film
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:59 am

» alamat web download aplikasi pc bag 2
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:57 am

» Yang mau streaming Film terbaru
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:55 am

» Alamat web download aplikasi pc
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:53 am

» Cara download video di youtube.
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:45 am

» Presiden terbaik
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:40 am

» Ama siapa aja
by Triatna Tue Jun 21, 2016 6:17 am

» Salam kenal, mohon izin gabung. Terima kasih
by Triatna Tue Jun 21, 2016 5:57 am

» Member baru, silahkan kenalan disini # 2
by bajigur Sat Jun 27, 2015 9:26 am

» MotoGP 2015
by 'RATU' Fri Jun 05, 2015 7:17 pm

» salam kenal
by 'RATU' Sat Feb 07, 2015 8:17 pm

» (Ask) Lacak ip adresss fb
by sarashiki_katana_grimory Mon Feb 02, 2015 4:58 am

» KISAH MENGHARUKAN AYAH DAN PUTRINYA : "AKU MAU BAYAR WAKTU PAPA SETENGAH JAM" (PARA AYAH WAJIB BACA NIH)
by naoe Wed Nov 12, 2014 10:46 am

» Salam kenal
by 'RATU' Tue Oct 28, 2014 10:22 pm

» SMS GRATIS ONLINE !
by aji Mon Oct 27, 2014 1:10 am

» Belajar & Test Posting
by 'RATU' Sun Oct 19, 2014 9:24 am

» PC Game | Angry Bird Space season 1.0
by puru.arhanud Sat Oct 18, 2014 10:28 pm

» First Post
by puru.arhanud Sat Oct 18, 2014 10:20 pm


HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Fri Jul 29, 2011 3:26 pm

Rasullah s.a.w.bersabda :
"Bukanlah puasa itu hanya sekedar menghentikan makan dan minum tetapi puasa itu ialah menghentikan omong-omong kosong dan kata-kata kotor."(H.R.Ibnu Khuzaimah)
PUASA menurut syariat ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti makan, minum, hubungan kelamin, dan sebagainya) semenjak terbit fajar sampai terbenamnya matahari,dengan disertai niat ibadah kepada Allah,karena mengharapkan redho-Nya dan menyiapkan diri guna meningkatkan Taqwa kepada-Nya.

RAMAHDAH bulan yang banyak mengandung Hikmah didalamnya.Alangkah gembiranya hati mereka yang beriman dengan kedatangan bulan Ramadhan. Bukan sahaja telah diarahkan menunaikan Ibadah selama sebulan penuh dengan balasan pahala yang berlipat ganda,malah dibulan Ramadhan Allah telah menurunkan kitab suci al-Quranulkarim,yang menjadi petunjuk bagi seluruh manusia dan untuk membedakan yang benar dengan yang salah.

Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terthindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri, dsb.

Tubuh kita memerlukan makanan yang bergizi mengikut keperluan tubuh kita. Jika kita makan berlebih-lebihan sudah tentu ia akan membawa muzarat kepada kesehatan kita. Boleh menyebabkan badan menjadi gemuk, dengan mengakibatkan kepada sakit jantung, darah tinggi, penyakit kencing manis, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh itu makanlah secara sederhana, terutama sekali ketika berbuka, mudah-mudahan Puasa dibulan Ramadhan akan membawa kesehatan bagi rohani dan jasmani kita. Insy Allah kita akan bertemu kembali.

Allah berfirman yang maksudnya:
"Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Quran pimpinan untuk manusia dan penjelasan keterangan dari pimpinan kebenaran itu, dan yang memisahkan antara kebenaran dan kebathilan. Barangsiapa menyaksikan (bulan) Ramadhan, hendaklah ia mengerjakan puasa.(s.al-Baqarah:185)




pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by 'RATU' on Fri Jul 29, 2011 10:21 pm

Ada ustad juga diforum ini...
Alhamdullilah lengkap dech..
Marhaban ya Ramadhan

'RATU'
Admin

Posts : 3564
Join date : 28.03.11

http://adf.ly/2KRAS

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by JIN on Sat Jul 30, 2011 5:32 am

'RATU' wrote:Ada ustad juga diforum ini...
Alhamdullilah lengkap dech..
Marhaban ya Ramadhan
wooh... ya jelas...
Gresik khan kota santri, yg lainnya masih banyak min...
Disini komplit... Ada dhemit, ustadz, dukunnya pun juga ada he

JIN
Admin

Posts : 4311
Join date : 14.03.11
Age : 43
Location : Jawa Timur

http://neo-megabyte.my-goo.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by Harixpress on Sat Jul 30, 2011 8:16 am

Marhaban y ramadhan mari sambut bulan yg suci ini dengan hati yg bersih pula,saling memaafkan...:mrgreen:

Harixpress
Super Member

Posts : 141
Join date : 15.03.11
Age : 33
Location : SUMUT

http://harixpres.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Sat Jul 30, 2011 9:46 am

Rasulullah bersabda :
"Berpuasalah maka kamu akan sehat" (HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim)
"Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa" (HR. Ibnu Majah)
Dalam penelitian ilmiah, kebenaran hadis tsb terbukti antara lain :

  • Fasten Institute (Lembaga Puasa) di Jerman menggunakan puasa untuk menyembuhkan penyakit yang sudah tidak dapat diobati lagi dengan penemuan-penemuan ilmiah dibidang kedokteran. Metode ini juga dikenal dengan istilah "diet" yang berarti menahan / berpantang untuk makanan-makanan tertentu.
  • Dr. Abdul Aziz Ismail dalam bukunya yang berjudul "Al Islam wat Tibbul Hadits" menjelaskan bahwa puasa adalah obat dari bermacam-macam penyakit diantaranya kencing manis (diabetes), darah tinggi, ginjal, dsb.
  • Dr. Alexis Carel seorang dokter internasional dan pernah memperoleh penghargaan nobel dalam bidang kedokteran menegaskan bahwa dengan berpuasa dapat membersihkan pernafasan.
  • Mac Fadon seorang dokter bangsa Amerika sukses mengobati pasiennya dengan anjuran berpuasa setelah gagal menggunakan obat-obat ilmiah.

Subhanallah, begitu banyak manfaat puasa....

pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Mon Aug 01, 2011 5:30 am

Idealnya

" seseorang yg pergi ke Makkah, berharap mendapatkan Haji yg mabrur ".

Begitu jua

" seseorang yg melakukan Puasa Ramadhan1 bulan penuh, yg diharapkan ke.Taqwaannya "

berkah atau di terimanya suatu amal kebajikan, akan ada perubahan dalam dirinya. Yang tdk Rajin 5 waktu, taat akan 5 waktu.

Kedahsyatan Ramadhan bukan omong kosong or lips service.

Niatkan Ramadhan tahun ini dng niat dan hati ikhlas.

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by 'RATU' on Mon Aug 01, 2011 1:20 pm

Sob Saya sedang puasa hari ini dan begitu juga esok.
bagi yg belajar sholat baca DISINI.

'RATU'
Admin

Posts : 3564
Join date : 28.03.11

http://adf.ly/2KRAS

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by hanna_91 on Mon Aug 01, 2011 5:49 pm

tdk TeRaSa sBnTar Lg saAt nYa beRbuKa PuaSa

hanna_91
Ophreker

Posts : 27
Join date : 23.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Mon Aug 01, 2011 6:11 pm

Selamat berbuka puasa

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by hanna_91 on Mon Aug 01, 2011 6:23 pm

@m0m0d, seLamat berBuka Juga

hanna_91
Ophreker

Posts : 27
Join date : 23.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by Ichadun99 on Tue Aug 02, 2011 5:33 am

met puasa dihari kedua

Ichadun99
Ophreker

Posts : 33
Join date : 19.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Tue Aug 02, 2011 12:58 pm

selamat berlapar-lapar n berdahaga.

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Tue Aug 02, 2011 2:27 pm

Coba, dengerin lagunya bimbo... dan ambil maknanya
............
Ada anak bertanya pada bapaknya
buat apa berlapar-lapar puasa......

pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by 'RATU' on Wed Aug 03, 2011 2:24 am

Kalau sengaja nggak saur karena diniati untuk menghemat lauk...
dan bukanya selalu dimasjid takjilan, apakah puasanya batal nggak ustad...

'RATU'
Admin

Posts : 3564
Join date : 28.03.11

http://adf.ly/2KRAS

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by JIN on Wed Aug 03, 2011 3:53 am

'RATU' wrote:Kalau sengaja nggak saur karena diniati untuk menghemat lauk...
dan bukanya selalu dimasjid takjilan, apakah puasanya batal nggak ustad...
moga aja pk ustad ndak mengatakan batal...
Karena kalo batal puasa ane ndak pernah syah...

JIN
Admin

Posts : 4311
Join date : 14.03.11
Age : 43
Location : Jawa Timur

http://neo-megabyte.my-goo.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by satria_ds on Wed Aug 03, 2011 4:34 am

'RATU' wrote:Kalau sengaja nggak saur karena diniati untuk menghemat lauk...
dan bukanya selalu dimasjid takjilan, apakah puasanya batal nggak ustad...
ngirit banget tuw sampe segitunya.... kasian tubuhnya tuw lama2 remuk..... ngantuk

satria_ds
Pengawas Forum

Posts : 170
Join date : 14.03.11
Age : 26
Location : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Wed Aug 03, 2011 4:40 am

Di dalam syaur ada keberkahan, usahakan lah syaur.

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Wed Aug 03, 2011 4:43 am

'RATU' wrote:Kalau sengaja nggak saur karena diniati untuk menghemat lauk...
dan bukanya selalu dimasjid takjilan, apakah puasanya batal nggak ustad...

syarat sahnya puasa itu ada dua :
(1) Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Syarat ini adalah syarat terkena kewajiban puasa dan sekaligus syarat sahnya puasa.
(2) Berniat. Niat merupakan syarat sah puasa karena puasa adalah ibadah sedangkan ibadah tidaklah sah kecuali dengan niat sebagaimana ibadah yang lain.

sahur itu adalah sunnah, tidak sahurpun tidak apa-apa asal sudah diniati untuk berpuasa.
berbuka puasa, jangankan dimasjid (mungkin lebih enak min) kalo mau irit minum air putih aja juga boleh kok.... he

pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Wed Aug 03, 2011 5:38 am

DAN MERUGILAH BAGI MEREKA YANG MENINGGALKAN PUASA !!!

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“barang siapa berbuka satu hari pada bulan Ramadhan tanpa ada rukhshah (uzur) dan tidak juga kerana sakit, dia tidak akan dapat menggantikan puasa yang ditinggalkannya itu, sekalipun dia berpuasa seumur hidup.”
(Hadis riwayat Tirmidzi, Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ibnu Khuzaimah).

intinya : janganlah kita meninggalkan puasa dengan alasan yang tidak jelas... repot, ntar ndak bisa diganti salaman

pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by headsucker on Wed Aug 03, 2011 9:39 am

Banyak skali hikmahny dibulan RAMADHAN, salah satunya brlomba2 ingin mndapat bnyk tambahan pundi pahala yg brlimpah ruah BARANGSIAPA BERPUASA KRN NIAT UTK ALLOH SWT DIBULAN RAMADHAN DAN DIANYA MMBACA SATU HURUP DARI ALQUR'AN MAKA BAGINYA SATU KEBAIKAN & SATU KEBAIKAN DIBALAS SEPULUH KALI LIPATNYA.. AKU TDK MNGATAKAN ALIF LAM MIM, ITU SATU HURUF TETAPI ALIF SATU HURUF,LAM SATU HURUF,MIM SATU HURUF (HR.
AT-TIRMIDZI,KATANYA: HADITS HASAN SHAHIH)

headsucker
Pengawas Forum

Posts : 524
Join date : 14.03.11
Age : 40
Location : ini Medan bung!

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by 'RATU' on Wed Aug 03, 2011 1:23 pm

Spoiler:
pietik wrote:
'RATU' wrote:Kalau sengaja nggak saur karena diniati untuk menghemat lauk...
dan bukanya selalu dimasjid takjilan, apakah puasanya batal nggak ustad...

syarat sahnya puasa itu ada dua :
(1) Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Syarat ini adalah syarat terkena kewajiban puasa dan sekaligus syarat sahnya puasa.
(2) Berniat. Niat merupakan syarat sah puasa karena puasa adalah ibadah sedangkan ibadah tidaklah sah kecuali dengan niat sebagaimana ibadah yang lain.

sahur itu adalah sunnah, tidak sahurpun tidak apa-apa asal sudah diniati untuk berpuasa.
berbuka puasa, jangankan dimasjid (mungkin lebih enak min) kalo mau irit minum air putih aja juga boleh kok.... he
Benar benar mantaf ya diforum ini ustadnya banyak dan semuanya MAKNYUS Siraman rohaninya...Adem rasanya hati... he

'RATU'
Admin

Posts : 3564
Join date : 28.03.11

http://adf.ly/2KRAS

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Wed Aug 03, 2011 1:31 pm

Calon-calon pengganti uje bermunculan.
Tanpa di sadari, pahala bertaburan di forum ini.

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by pietik on Wed Aug 03, 2011 5:17 pm

secara tidak langsung, dengan mencarikan jawaban... kita juga ikut membaca... ikut belajar mengenal makna-makna puasa... he

pietik
I'am Mod

Posts : 2302
Join date : 23.03.11
Age : 71
Location : Gresik, Jawa Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by enzo_thelast on Wed Aug 03, 2011 5:42 pm

Ambil hikmah hari demi hari, segala hal yg telah kita lakukan. Iringi segala perbuatan dng basmalah dan hati yg ikhlas dan tulus.

enzo_thelast
I'am Mod

Posts : 1474
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by 'RATU' on Wed Aug 03, 2011 8:16 pm

Berilah makanan bagi orang yang membutuhkan makan maka puasanya akan terbayar apabila ia tidak berpuasa...
Nih kembang tujuh rupa untuk bangsa Jin...

'RATU'
Admin

Posts : 3564
Join date : 28.03.11

http://adf.ly/2KRAS

Kembali Ke Atas Go down

Re: HIKMAH RAMADHAN [NO SARA]

Post by Sponsored content Today at 9:14 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik